Enam Hal Penting dalam Manfaat Pendidikan Seks Sejak Dini

Membicarakan masalah seksualitas di negara indonesia merupakan hal yang tabu. Hal tersebut disebabkan prihal budaya kita yang menganut adat ketimuran. Meski begitu ternyata memberikan pendidikan seks kepada anak sangat penting dan memberikan banyak manfaat. Nah ini dia 6 manfaat akan pentingnya pendidikan seks, simak yuk apa aja.

1. Lebih terbukanya pikiran anak terhadap topik yang berkaitan dengan masalah seksual

Mereka tidak akan malu membicarakan masalah seksual, terlebih jika mereka ingin menanyakan hal yang sangat privat terhadap orang tuanya. Hal ini dapat meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak.

2. Mengerti dan memahami peran dari jenis gender

Memberikan pendidikan seks terhadap anak tentunya akan membuat anak tersebut mengerti akan peran yang ia lakukan. Seperti anak perempuan ia akan tumbuh menjadi anak perempuan yang sesungguhnya.

3. Menghapus rasa ingin tahu yang tidak sehat

Supaya anak tidak mencari tahu sendiri masalah seksualitas melalui teman, komik, video atau media lainya yang berbau seks, maka diberikanlah pendidikan seks.

4. Menyadari masalah yang akan timbul akibat dari seks bebas

Pemberian pendidikan seks ini akan menghindarkanya dari bahaya seks bebas pada kalangan remaja. Seperti bahaya akan tertular penyakit kelamin dan HIV / AIDS.

5. Memiliki kesadaran akan fungsi seksualnya

Dengan memberikan pengetahuan ini akan membuat mereka mengerti tentang perubahan yang terjadi pada bagian tubuh terutama organ yang sensitif. Dengan begitu mereka tidak akan kaget, bingung dan takut untuk menghadapinya.

6. Menciptakan rasa percaya diri

Percaya diri akan timbul jika seorang anak nyaman dengan bentuk dan bagian-bagian tubuhnya. Sehingga ia akan tahu mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Mari kita terap Pendidikan Seks Sejak usia dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *